Bid'ah (Hasanah) di Hari Arafah

Dalam Sunan Al-Baihaqi disebutkan:

باب التعريف بغير عرفات
أخبرنا أبو الحسين بن الفضل القطان أنبأ عبد الله بن جعفر ثنا يعقوب بن سفيان ثنا مسلم بن إبراهيم ثنا أبو عوانة ح وأخبرنا أبو الحسين بن الفضل القطان أنبأ أبو سهل بن زياد القطان ثنا موسى بن هارون بن عبد الله ثنا خلف بن هشام ثنا أبو عوانة قال : رأيت الحسن البصري يوم عرفة بعد العصر جلس فدعا وذكر الله عز وجل فاجتمع الناس . وفي رواية مسلم : رأيت الحسن خرج يوم عرفة من المقصورة بعد العصر فقعد فعرف

Abu Awanah mengatakan: "Saya melihat Al-Hasan Al-Bashri pada hari Arafah setelah Ashar duduk lalu melakukan Ta'rif (berdoa dan berzikir). Lalu orang-orang berkumpul."

Ta'rif adalah seseorang pergi menuju masjid di kampungnya pada hari Arafah untuk berdoa dan berzikir. (Lihat: Mausu'ah Fiqhiyyah Kuwatiyyah)

Tidak ada nash yang secara jelas menerangkan pengkhususan ibadah ini, sehingga sebagian ulama menganggapnya sebaga bid'ah (muhdats). Namun sebagian lain tidak menganggapnya sebagai bid'ah yang tercela. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa bid'ah jenis ini tergolong ringan.
Imam Nawawi mengatakan:

ولا شك أن من جعله بدعة لا يلحقه بفاحشات البدع, بل يخفف أمرها

"Tidak diragukan bahwa orang yang menganggap hal ini sebagai bid'ah tidak bermaksud menyamakannya dengan bid'ah yang parah, malah justru meringankannya."

Referensi:

- http://www.feqhweb.com/vb/t7816.html
- http://library.islamweb.net/
- http://www.ahlalhdeeth.com/vb/forum/

0 Response to "Bid'ah (Hasanah) di Hari Arafah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel