Imam Asy-Syathibi Seorang Asy'ari?


Salah satu ulama yang menjadi rujukan Salafi dalam menetapkan definisi bid'ah adalah Imam Asy-Syathibi (w.790) dalam kitabnya, Al-I'tisham. Kitab ini dianggap sebagai kitab terpenting dalam rujukan definisi bid'ah beserta cara pencegahannya. Penulisnya dianggap sebagai pejuang paling gigih dalam pembelaannya terhadap sunnah dan manhaj salaf. Berbagai dalil, baik yang bersifat naqli maupun aqli, dikerahkan seluruhnya sebagai bentuk pembelaan terhadap sunnah dan manhaj salaf, sehingga orang-orang setelahnya dianggap berhutang budi padanya dalam masalah ini.

Tak heran, para pecinta sunnah pun berbondong-bondong mentahqiq kitab-kitab beliau. Salim Al-Hilali menulis dalam mukaddimah tahqiqnya terhadap kitab Al-I'tisham:

وهو بذلك أول من قعّد أصول علم معرفة البدع ؛ فإن كتاب الاعتصام لا ندّ له في بابه ، فهو واسطة عقده ونسيج وحده

"Ia merupakan orang pertama yang membangun kaidah-kaidah dasar ilmu tentang bid'ah. Kitab Al-I'tisham benar-benar kitab yang tiada tandingannya dalam masalah ini..."

فمن تتبع عقيدة المصنف رحمه الله من سياق كتابه وجد ما يثلج صدره 

"Siapa saja yang meneliti akidah penulis (Imam Asy-Syathibi, pen) melalui redaksi kitabnya, akan mendapatkan sesuatu yang menyejukkan dadanya."

DR. Sa'id Al-Ghamidi dalam risalah Magister beliau berjudul Hakikat dan Hukum Bid'ah berkomentar tentang kitab Al-I'tisham karangan Imam Syathibi,

فهو العمدة في هذا الباب ، والمورد لكل من تكلم في البدعة بعده . فقد نزع الشاطبي في هذا الكتاب بقوة ، فما رُؤي عبقري يفري فرية ، حتى ضرب الناس حول كتاب الاعتصام بعطن ، وعلوا منه ونهلوا وحوموا ليدركوا شأوه ، فما وصلوا ... إلخ

"Kitab itu adalah rujukan dalam masalah ini (bid'ah) dan muara bagi setiap orang setelahnya yang berbicara tentang bid'ah. Asy-Syathibi dalam kitab ini telah berjuang dengan gigih..."

ASY'ARI

Setelah membaca pengakuan di atas, ada satu fakta unik yang patut diketahui bahwa ternyata Imam Asy-Syathibi berakidah Asy'ari yang oleh kalangan Salafi dianggap sebagai akidah yang bid'ah lagi sesat.

Syaikh Nashir Al-Fahd menulis dalam kitabnya Al-I'lam bi Mukholafati Al-Muwafaqat wal I'tisham:

ولما كان للشاطبي رحمه الله تعالى جهود في حرب البدعة ، وحرب البدع مما اشتهر به السلفيون ، فقد انتشر بين الناس أنه سلفي الاعتقاد - حتى بين بعض طلبة العلم-، والحقيقة التي تظهر لكل من يقرأ كتابيه هذين أنه أشعري المعتقد في باب الصفات والقدر والإيمان وغيرها ، ومرجعه في أبواب الاعتقاد هي كتب الأشاعرة

"Imam Syathibi memiliki perjuangan dalam memerang bid'ah. Hal ini telah populer di kalangan Salafi, sehingga tersebar di kalangan umum -bahkan sampai di kalangan sebagian akademisi- bahwa beliau berakidah Salaf. Padahal sebenarnya, tampak bagi siapa saja yang membaca dua kitab ini bahwa beliau berakidah Asy'ari dalam masalah Shifat, Qadar, Iman dan lain-lain. Rujukan beliau dalam masalah-masalah akidah adalah kitab-kitab Asy'ariyah."

0 Response to "Imam Asy-Syathibi Seorang Asy'ari?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel